Dokumen SPMI UKI Toraja

Istilah dan definisi Dokumen SPMI UKI Toraja

  1. Kebijakan SPMI UKI Toraja merupakan  pernyataan tertulis yang menjelaskan pemikiran, sikap, pandangan, budaya dan tata nilai terhadap mutu pendidikan.
  2. Manual SPMI UKI Toraja adalah dokumen tertulis yang berisi petunjuk praktis mengenai cara, langkah, dan prosedur tentang penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian dan peningkatan mutu penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi diUKI Toraja
  3. Standar SPMI UKI Toraja adalah  dokumen tertulis mengenai kualifikasi mutu yang akan dicapai dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di UKI Toraja
  4. Evaluasi Diri UKI Toraja adalah kegiatan sistematis yang bertujuan memperoleh data dan informasi yang valid berdasarkan fakta yang telah dilakukan, sehingga diperoleh gambaran menyeluruh tentang keadaan UKI Toraja yang akan dipergunakan dalam rangka pengambilan tindakan manajemen untuk pengembangan.
  5. Audit SPMI UKI Toraja merupakan kegiatan pemeriksaan yang sistematis dan independen untuk menentukan apakah dalam menjaga mutu serta hasilnya telah dilaksanakan secara efektif sesuai standar SPMI UKI Toraja.
  6. Auditor Internal adalah orang atau sekelompok orang yang yang memiliki kemampuan dan kualifikasi tertentu untuk melakukan audit mutu internal SPMI.

Pelaksanaan SPMI dengan model manajemen PPEPP menuntut setiap personal dalam unit dan antar unit di UKI Toraja bersikap terbuka, kooperatif, dan siap untuk diaudit atau diperiksa oleh auditor yang ditetapkan oleh Pimpinan UKI Toraja. Hasil audit yang dilakukan secara berkala berdasarkan laporan  pimpinan unit dilaporkan kepada pimpinan UKI Toraja, untuk tindakan pengendalian, perbaikan dan peningkatan mutu.

Kebijakan SPMI UKI Toraja berlaku bagi seluruh  unit yang ada di UKI Toraja, antara lain: fakultas dan program studi, lembaga, biro teknis dan biro pelaksana administrasi, perpustakaan, laboratorium dan seluruh unit pendukung.

Dokumen Kebijakan SPMI UKI Toraja bertujuan:

  1. Menyediakan dokumen standar mutu yang menjamin perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan mutu penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi secara internal.
  2. Terlaksananya siklus penjaminan mutu internal secara periodik dan berkelanjutan.
  3. Terlaksananya sistem monitoring, evaluasi, dan audit internal maupun eksternal.
  4. Meningkatnya kinerja unit pelaksana akademik dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.
  5. Meningkatnya kinerja unit pendukung kegiatan akademik.
  6. Terwujudnya budaya mutu bagi seluruh civitas akademika.

Model Manajemen Pelaksanaan SPMI  pada UKI Toraja dirancang, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan Standar). Dengan model ini, maka UKI Toraja memulai dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai melalui serangkaian strategi, program dan kegiatan yang sitematis. Pelaksanaan strategi, program dan kegiatan dilakukan dengan menggunakan pendekatan potensi, dimana tanggungjawab pelaksanaan diserahkan kepada orang yang tepat sesuai kualifikasi dan kecakapan yang bersangkutan. Untuk memastikan tercapainya strategi, program dan kegiatan yang telah ditetapkan, maka secara berkala dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menemukan kesesuaian/ketidaksesuaian antara pelaksanaan dan hasil kegiatan dengan strategi, program dan kegiatan yang telah ditetapkan. Hasil monitoring selanjutnya digunakan untuk melakukan pengendalian berupa tindakan perbaikan dan peningkatan kearah yang lebih baik dan berkelanjutan.

Dengan menggunakan model manajemen PPEPP, maka setiap unit dalam lingkungan UKI Toraja berkewajiban untuk melaksanakan evaluasi diri secara berkala dalam rangka menilai kinerja unitnya dengan menggunakan standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi diri selanjutnya dilaporkan kepada pimpinan unit, dan kepada pimpinan UKI Toraja, dengan sepengetahuan seluruh staf pada unit bersangkutan (seluruh staf memperoleh simpulan hasil evaluasi diri) . Hasil evaluasi diri unit setelah dikoreksi dan dinilai, maka oleh pimpinan UKI Toraja ditetapkan langkah-langkah pengendalian berupa tindakan perbaikan untuk meningkatkan mutu.

Buku Manual SPMI UKI Toraja terdiri atas 6 (enam) manual, yaitu:

  1. Manual Kemahasiswaan
  2. Manual Kerjasama
  3. Manual Pendidikan
  4. Manual Penelitian
  5. Manual Pengabdian Kepada Masyarakat
  6. Manual Suasana Akademik

Buku Standar SPMI UKI Toraja terdiri atas 6 (enam) standar, yaitu:

  1. Standar Kemahasiswaan
  2. Standar Kerjasama
  3. Standar Pendidikan
  4. Standar Penelitian
  5. Standar Pengabdian Kepada Masyarakat
  6. Standar Suasana Akademik

Buku Formulir SPMI UKI Toraja terdiri atas 12 (dua belas) formulir, yaitu:

  1. Formulir Absen
  2. Formulir Hasil Studi Mahasiswa
  3. Formulir Monitoring Dosen Pembimbing
  4. Formulir Monitoring Dosen Tidak Tetap
  5. Formulir Monitoring Dosen Tetap
  6. Formulir Monitoring Lama Studi dan IPK Lulusan
  7. Formulir Monitoring Jumlah Mahasiswa Bimbingan Akademik
  8. Formulir Monitoring Kegiatan Penelitian Dosen
  9. Formulir Monitoring Kegiatan PKM Dosen
  10. Formulir Monitoring Kegiatan Seminar Dosen
  11. Formulir Monitoring Kinerja Dosen
  12. Formulir Monitoring Tenaga Kependidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *